Wisudawan Unmuha Aceh Harus Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh menghadiri acara Wisuda Ahli Madya, sarjana dan Magister ke-42 semester ganjil tahun akademik 2021/2022 di gedung UCC Ahmad Dahlan. Jalan Muhammadiyah, Batoh. Kota Banda Aceh.

Acara wisudah yang di hadiri oleh Pimpinan Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Sudarnoto Abdul Hakim, MA. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh Prof. Faisal  Rani, SH. MHum. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh, Badan Pelaksana Harian (BPH) UNMUHA serta tamu undangan lainnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh mengatakan Allhamdulillah pada hari ini wisuda yang ke-42 UNMUHA, ada 447 mahasiswa yang akan  diwisuda Sarjana Strata satu dan strata dua. “ pada pagi yang berbahagia ini.
Seluruh yang mengikuti wisuda tentunya mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan, dengan jumlah SKS yang sudah kita syaratkan sehingga kita juga mendapatkan ijin dari LLDIKTI Wilayah XIII Aceh untuk melaksanakan wisuda kelulusan tahun ini.

Aslam Nur menjelaskan lagi saat ini Universitas Muhammadiyah Masih berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan, memang. Dengan jumlah mahasiswa yang mengikuti wisuda kali ini sebanyak 447 sangat memungkinkan untuk kita lakukan wisuda sekali gus, artinya cukup satu hari saja. Tapi karena kita menjalankan prokes yang ketat maka pelaksanaan wisuda kita lakukan selama dua hari.

Insya Allah kita harapkan pelan pelan covid-19 ini akan berlalu, dan dalam wisuda kali ini juga dihadiri oleh Pimpina majelis Diktilitbang Pimpinan  Pusat Muhammadiyah dan juga pada  kesempatan ini kita akan menyampaiak beberapa prestasi yang telah di capai oleh Universitas Muhammadiyah Aceh dalam satu semester terahir ini.

Harapan kami kepada para wisudawan pertama mereka harus bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka adalah seorang sarjana artinya dari sisi kapasitas intelektual, akhlak mereka harus bisa menunjukan kepada masyarakat bahwa kita alumni UNMUHA, itu yang kita harapkan kepada wisudawan. Kemudian yang kedua otomatis mereka kita harapkan untuk selalu menambah pengetahuan kedepan dan juga selalu mengingat almameter mereka.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh , Prof Faisal Rani, SH MHum mengharapkan adanya sinergitas antara Pemerintah dan Perguruan Tinggi, demikian disampaiakan saat membuka wisuda ahli madya, sarjana dan magister ke – 42 Universities Muhammadiyah Aceh, semester ganjil tahun akademik 2021/2022, diruang UCC Ahmad Dahlan Batoh. Senin (28/03).

Prof Faisal Rani, SH MHum, mengucapkan terimakasih kepada Rektor, Ketua Senat Universitas Muhammadiyah Aceh, Pimpinan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Guru Besar, Ketua BPH,  panitia, wisudawan UNMUHA dan seluruh tamu undangan serta orang tua wisudawan.

Kami atas nama Pemerintah kementrian Kebudayaan Riset dan Tehnologi menyampaikan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Aceh yang telah melakukan proses pendidikan sesuai standar yang ditetapkan didalam peraturan. UNMUHA telah mengambil peranan, alih tanggung jawab peran negara untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi, memang tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan tinggi bukan hanya negara namun juga merupakan tanggung jawab bersama.

Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Badan Pelaksana Harian (BPH) dan Universitas Muhammadiyah Aceh yang telah berkenan telah menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan baik. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan selamat kepada UNMUHA atas capaian pringkat akreditasi “Unggul”.
Prof.Faisal Rani,SH,M.Hum, Kita mengharapkan bertambah lagi peringkat akreditasi unggul  di Universitas Muhammadiyah Aceh sehingga capaian akreditasi dapat mendudukkan UNMUHA sebagai perguruan tinggi swasta peringkat pertama terbaik di Provinsi Aceh.

Kepada para wisudawan kami mengucapkan selamat bahwa pada hari ini di kukuhkan dan diwisuda  sebagai sarjana pormal, secara subtantif anda masih terus berproses untuk menjadi manusia terdidik, “belajar sepanjang hayat, tidak pernah berhenti.”

Kita tidak boleh berhenti belajar belajar karena dunia terus berputar tanpa henti sedikitpun, karena itu ilmu pengetahuan berkembang tanpa henti sebagai kita menyelesaikan landasan di dalam hidup.
Firman dari Allah SWT surat Lukman ayat 18, yang merupan nasehat Lukman kepada anaknya . “Dan janganlah kamu memalingkan wajahmu dari manusia karena sombong, dan janganlah berjalan dimuka bumi dengan angkuh, sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.”
Wujudkan cita cita orang tua kita, tugas kita hari ini membangun, mewujudkan impian untuk generasi hari esok itulah perjuangan kita agar kontinyuitas manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa tetap terus terjaga. Tutup Prof Faisal, SH,.M.Hum.

Sementara itu Wakil Ketua Pimpinan Pusat Majelis Diktilitbang Muhammadiyah Dr. H. Sudarnoto Abdul Hakim, MA. Mengatakan “selamat atas penyelenggaraan wisuda UNMUHA pada hari ini, saya sangat berkeyakinan bahwa perolehan yang sudah di lakukan Universitas Muhammadiyah Aceh ini akan terus meningkat dan bisa memberikan bukti nyata bahwa kontribusi UNMUHA di Aceh ini akan besar bagi pengembangan.

Mengenai trobosan yang harus di lakukan oleh UNMUHA, Sudarnoto Abdul Hakim memili pandangan baha Fakultas Kesehatan Masyarakat akan luar biasa jika berhasil untuk penguatan S2 dan S3, ini sejarah yang luar biasa. FKM UNMUHA bisa menjadi ikon bagi pengembangan Universitas Muhammadiyah. Saya yakin Tutup Sudarnoto Abdul Hakim. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *