Unmuha Ukir Berbagai Prestasi Akademik dan Institusi

Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H. Aslam Nur MA,menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan UNMUHA sebagai tempat pendidikan tinggi bagi anak anaknya.

Demikian kutipan pidati Rektor di hadapan 447 mahasiswa yang diwisuda ke-42 semester Ganjil tahun 2021-2022.

Universitas Muhammadiyah Aceh saat ini memiliki 18 progran studi, 17 prodi sarjana dan 1 prodi pascasarjana dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat. Seluruh prodi tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) maupun Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Dr. H Aslam Nur MA menyampaikan beberapa prestasi yang di peroleh UNMUHA dalam satu semester terahir ini. Pertama Prodi Kesehatan Masyarakat dekan Prof. Asnawi Abdulah, Ph.D mendapatkan akreditasi tertinggi “Unggul”, dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM-PT Kes) pada tahun 2021, UNMUHA menduduki peringkat satu kategori PTS se-Aceh versi Webometric, serta sebagai perguruan tinggi terbaik ke dua kategori Universitas dari LLDIKTI Wilayah XIII Aceh, capain berikutnya dari Serambi Award sebagai Universitas Terdepan dan Berkemajuan di Aceh.

Capaian lainnya dari mahasiswa serta Dosen yaitu Mutia Zahara, Ph.D terpilih sebagai dosen terbaik tahun 2021 kategori Sains dan Teknologi oleh LLDIKTI Wilayah XIII Aceh, beberapa dosen lainnya juga memenangkan program hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang sumber dananya dari pemerintah maupun swasta.

Selain itu 5 dosen telah menyelesaikan program Doctor, dua berasal dari prodi Pendidikan Agama Islam, dua dari Fakultas Ekonomi, satu Fakultas Psikologi. Saat ini ada 36 dosen yang mengikuti program doctor didalam dan luar negeri insya Allah pada tahun 2022, delapan dosen akan kembali ke UNMUHA bergelar doctor.

36 dosen UNMUHA mendapat kepercayaan dari Kemendikbud Ristek menjadi dosen pendamping lapangan program hibah kampus mengajar serta 31 mahasiswa mendapat kesempatan menjadi guru dalam kegiatan kampus mengajar angkatan ke III, sebelumnya 46 mahasiswa telah lolos pada program kampus mengajar.

Kompetisi olimpiade sains mahasiswa se-Indonesia tahun 2021, UNMUHA memperoleh mendali perak dan perunggu. Bidang oleh raga yang berlangsung pada Perpanas XVI di Papua serta kegiatan Pra-Pora di Aceh.
Aslam Nur menyatakan kembali saat ini UNMUHA fokus kepada peningkatan kualitas dosen, selain kosentrasi dalam peningkatan kualitas akademik sarana dan prasarana juga mendapat perhatian yang cukup serius.

Gedung Fakultas Hukum Insya Allah semester depan sudah dapat di pergunakan demikian juga dengan gedung Fakultas Teknik, serta bangunan toko pusat perbelanjaan bagi karyawan, dosen dan mahasiswa UNMUHA.
Ini perlu kami sampaikan kepada orang tua wisudawan sebagai ucapan terimaksih kami atas bantuan Bapak / Ibu berikan kepada UNMUHA. Dana yang di berikan oleh orang tua mahasiswa kami pergunakan untuk melaksanakan kegiatan tri darma perguruan, pembangunan dan pengembangan kampus, sebagian besar pengembangan kampus UNMUHA bersumber dari SPP atau UKT mahasiswa.

Semoga apapun yang Bapak berikan bernilai ibadah, sadaqah jariah dalam pandangan Allah SWT. Kerja keras seluruh staf akademik dan administrasi, partisipasi seluruh mahasiswa dan keluarga besar Muhammadiyah serta simpatisan. Bantuan yang tidak ternilai dari Pemerintahan Aceh, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah XIII, Kopertais Wilayah V Aceh, Dirjen Kemenristek Dikti dan Kementrian Agama RI, begitu juga bimbingan dan bantuan yang di berikan oleh Majelis Pendidikan Tinggi dan Penelitian Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Tutup Aslam Nur. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *