Sejarah

Cikal bakal Fakultas Ekonomi Unmuha adalah diawali dengan mendirikan Akademi Akuntansi Muhammadiyah Aceh yang ijin Operasionalnya dikeluarkan oleh Kopers Wilayah I Nomor 333/SK.PPS/KOP.I/86. Setelah dua tahun beroperasi, pada tahun 1989 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0260/O/1989, dengan status terdata menjadi Fakultas Ekonomi yang berada dibawah Unmuha.

Pada tanggal 30 April 1991 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam Surat Keputusanya Nomor 0230/O/1991 tentang “Penggabungan dan Perubahan 4 (empat) Sekolah Tinggi di Lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I Medan Menjadi Universitas Muhammadiyah Aceh di Banda Aceh.

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0250/O/1991 tanggal 14 Mei 1991 tentang Penetapan Kembali Status Terdaar Kepada Fakultas/Jurusan/Program Studi di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Aceh.

Perpanjangan izin terbaru program studi Manajemen adalah tanggal 27 Maret 2009 yang masa berlakunya sampai tanggal 17 Mei 2013. Dan perpanjangan izin program studi Akuntansi berdasarkan surat Kopers Wilayah I Aceh-Sumut Nomor: 14134/D/T/K-I/2013 tanggal 26 Juni 2013 tentang perpanjangan izin penyelenggaraan proram studi Akuntansi Strata Satu (S-1) pada Universitas Muhammadiyah Aceh.

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh memperoleh status terdaar untuk Program Studi Akuntansi melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0230/O/199 tanggal 29 April 1991 sedangkan untuk program studi Manajemen melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 4436/SK/BANPT/Akred/S/XI/2017 tentang status terakreditasi “B” Program Studi Manajemen dan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 004/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2015 tentang status terakreditasi “B” Program Studi Akuntansi.

Program Studi Manajemen FE UNMUHA memiliki tujuan:

  • Menghasilkan lulusan yang profesional yang mampu mengembangkan diri menjadi insan yang berkepribadian Islami dan berguna bagi masyarakat.
  • 2. Menghasilkan penelitian berkualitas dalam bidang manajemen yang mampu memecahkan permasalahan masyarakat, pemerintah maupun dunia bisnis.
  • 3. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang terkait dengan persyarikatan dan amal usaha Muhammadiyah secara khusus serta masyarakat secara keseluruhan.
  • 4. Menghasilkan tatakelola PS manajemen yang baik (sistematis, terukur, transparan dan akuntabel).
  • 5. Menghasilkan calon pengusaha muda melalui inkubator bisnis fakultas ekonomi.

Meningkatkan program kerjasama dengan berbagai instansi baik ditingkat lokal, nasional maupun internasional.

Deskripsi umum:

  • Deskripsi umum:
  • 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • 2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  • 3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  • 4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  • 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  • 6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas

Deskripsi khusus:

  • 1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • 2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • 3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  • 4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Penyusunan capaian pembelajaran (CP) berdasarkan pada standar yang telah ditetapkan olehDIKTI.